EFEKTIVITAS KOMBINASI TERAPI TOTOK WAJAH DENGAN AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP KECEMASAN IBU POST PARTUM DALAM PERAWATAN BAYI

  • Chandra Sulistyorini STIKES Wiyata Husada Samarinda

Abstract

Ibu post partum sering kali merasakan masalah baik secara fisik maupun psikologis. Masalah fisik adalah perdarahan, pengeluaran urin yang berlebihan, pengeluaran cairan lochea yang berbau busuk, dan infeksi nifas. Sedangkan masalah psikologis meliputi kecemasan, susah tidur, perubahan mood, sehingga dibutuhkan intervensi yang membuat pasien merasa nyaman dan rileks. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas kombinasi terapi totok wajah dengan aromaterapi lavender terhadap skor kecemasan pada ibu post partum dalam melakukan perawatan bayi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 28 April – 28 Mei 2019. Dengan menggunakan quasi eksperimen dalam satu kelompok (pre and post test without control) menggunakan Uji paired t-test. Pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dengan sampel 20 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan kombinasi terapi totok wajah dengan aromaterapi lavender efektif menurunkan skor kecemasan pada ibu post partum dalam perawatan bayi, dari hasil uji paired t-test diperoleh p<0,05, dimana skor kecemasan sebelum intervensi 55,75 dan sesudah diberikan intervensi 50,45. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi pertimbangan untuk penerapan tindakan dalam asuhan kebidanan dan keperawatan sebagai terapi komplementer untuk mengatasi kecemasan pada ibu post partum dalam perawatan bayi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-02
How to Cite
SULISTYORINI, Chandra. EFEKTIVITAS KOMBINASI TERAPI TOTOK WAJAH DENGAN AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP KECEMASAN IBU POST PARTUM DALAM PERAWATAN BAYI. Jurnal Medika : Karya Ilmiah Kesehatan, [S.l.], v. 5, n. 1, may 2020. ISSN 2654-945X. Available at: <http://jurnal.stikeswhs.ac.id/index.php/medika/article/view/116>. Date accessed: 09 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.35728/jmkik.v5i1.116.