PENDIDIKAN KESEHATAN (PERSONAL HYGIENE) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PERSONAL HYGIENE ANAK USIA SEKOLAH

  • Siti Mukaromah STIKES Wiyata Husada Samarinda

Abstract

Anak usia sekolah rentan terhadap infeksi yang timbul akibat kurangnya pemahaman dan respon maupun tindakan tentang personal hygiene. Masalah kesehatan yang sering muncul akibat tidak menjaga personal hygiene berupa karies gigi, kutu rambut, cacingan, diare, bahkan gangguan psikologis, sebagaimana yang terjadi pada siswa sekolah dasar negeri 016 Samarinda Ulu yang kurang memperhatikan personal hygiene baik kebersihan kulit rambut, kuku tangan dan kaki, kulit, pakaian, gigi dan mulut. Untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan, sikap dan tindakan personal hygiene anak usia sekolah sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan (personal hygiene). Rancangan penelitian kuantitatif menggunakan desain pre-eksperimental dengan pendekatan one-group pre-test-post-test design. Penelitian ini menggunakan 66 responden. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2018, dengan menggunakan skala guttmen dan likert serta uji Friedman dan uji Post Hoc Wilcoxon. Hasil penelitian diperoleh nilai p value = 0,000 dengan demikian value lebih kecil dari alpha 0,05 maka Ha diterima. Ada perbedaan tingkat pengetahuan, sikap dan tindakan anak usia sekolah sebelum dan sesudah pemberian pendidikan kesehatan (personal hygiene), maka pihak sekolah maupun orangtua dapat melakukan pendidikan kesehatan tentang personal hygiene kepada anak usia sekolah dengan berbagai metode dan dilakukan secara berkesinambungan agar dapat menjadi kebiasaan positif anak usia sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-02
How to Cite
MUKAROMAH, Siti. PENDIDIKAN KESEHATAN (PERSONAL HYGIENE) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PERSONAL HYGIENE ANAK USIA SEKOLAH. Jurnal Medika : Karya Ilmiah Kesehatan, [S.l.], v. 5, n. 1, may 2020. ISSN 2654-945X. Available at: <http://jurnal.stikeswhs.ac.id/index.php/medika/article/view/123>. Date accessed: 30 may 2020. doi: https://doi.org/10.35728/jmkik.v5i1.123.