PERBANDINGAN HASIL PEMERIKSAAN HITUNG JUMLAH TROMBOSIT METODE LANGSUNG (REES ECKER),METODE TIDAK LANGSUNG (FONIO), DAN METODE AUTOMATIK (HEMATOLOGI ANALYZER)

  • Agus Joko Praptomo

Abstract

Pada Laboratorium klinik, terutama pada laboratorium di puskesmas terpencil, metode hitung trombosit manual masih banyak digunakan adalah cara Langsung, pada laboratorium menengah hingga utama, metode manual telah banyak  ditinggalkan dan berganti metode automatik, hal ini di karenakan pasien di laboratorium menengah cenderung lebih ramai pasien dibandingkan dengan laboratorium puskesmas sehingga petugas laboratorium puskesmas lebih memilih menggunakan metode hitung trombosit secara manual.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui selisih perbedaan pemeriksaan hitung jumlah trombosit metode langsung (Rees Ecker), metode tidak langsung (Fonio), dan metode automatic (Hematologi Analyzer). Desain penelitian yang digunakan adalah comparative research yaitu penelitian yang bertujuan untuk membandingkan perbedaan nilai/data variabel satu dengan variabel yang lain , penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2016 dan penelitian dilaksanakan di UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur.Hasil analisa uji statistik Mann Whitney pada pemeriksaan hitung jumlah trombosit metode automatik dan metode langsung tidak ada perbedaan yang signifikan sig (2-tailed) dengan nilai p value 0,773 dan alpha 0,05. hitung jumlah trombosit metode automatik dan metode tidak langsung tidak ada perbedaan yang signifikan sig (2-tailed) dengan nilai p value 0,900 dan alpha 0,05. hitung jumlah trombosit metode langsung dan metode tidak langsung tidak ada perbedaan yang signifikan sig (2-tailed) dengan nilai p value 0,684 dan alpha 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-04
How to Cite
PRAPTOMO, Agus Joko. PERBANDINGAN HASIL PEMERIKSAAN HITUNG JUMLAH TROMBOSIT METODE LANGSUNG (REES ECKER),METODE TIDAK LANGSUNG (FONIO), DAN METODE AUTOMATIK (HEMATOLOGI ANALYZER). Jurnal Medika : Karya Ilmiah Kesehatan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-12, dec. 2018. ISSN 2654-945X. Available at: <http://jurnal.stikeswhs.ac.id/index.php/medika/article/view/34>. Date accessed: 09 aug. 2020.
Section
Articles