PERBANDINGAN PEMERIKSAAN KADAR HEMOGLOBIN METODE CYANMETH SECARA LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG

  • Sendy Indah Paras

Abstract

Hemoglobin (Hb) merupakan suatu protein yang mengandungsenyawa besi hemin. Hemoglobin mempunyai fungsi mengikat oksigen di paru-parudan mengedarkan keseluruh jaringan tubuh. Dalam pemeriksaan kadar hemoglobinterdapat berbagai macam metode pemeriksaan yang digunakan termasuk metodeCyanmeth dimana metode tersebut bisa dilakukan dengan dua cara yaitu secaralangsung dan tidak langsung. Prinsip hemoglobin metode cyanmeth yaituhemoglobin darah diubah menjadi cyanmethemoglobin dalam larutan yang berisiKaliumferisianida. Absorbansi larutan diukur pada panjang gelombang 540 nm.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil pemeriksaan kadarhemoglobin metode cyanmeth secara langsung dan tidak langsung.Metode pemeriksaan hemoglobin darah yang digunakan adalah metodecyanmeth dilakukan pemeriksaan dengan dua cara yaitu secara langsung dan tidaklangsung dengan jumlah responden sebanyak 40 orang dengan uji Statistik T-Test.Dari hasil penelitian berdasarkan uji statistik Analisa T-Test


Independent didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0.000 ≤ 0.05, artinya bahwa adaperbedaan hasil yang signifikan pada pemeriksaan kadar hemoglobin metodecyanmeth cara langsung dan tidak langsung. Dengan selisih rata-rata hasil 2.4 g/dldan persantase hasil 15.9 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-04
How to Cite
PARAS, Sendy Indah. PERBANDINGAN PEMERIKSAAN KADAR HEMOGLOBIN METODE CYANMETH SECARA LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG. Jurnal Medika : Karya Ilmiah Kesehatan, [S.l.], v. 1, n. 1, dec. 2018. ISSN 2654-945X. Available at: <http://jurnal.stikeswhs.ac.id/index.php/medika/article/view/36>. Date accessed: 14 dec. 2019.
Section
Articles