HUBUNGAN KEPATUHAN PERAWAT MENCUCI TANGAN DENGAN KEJADIAN HAIs (FLEBITIS) DI RUMAH SAKIT DIRGAHAYU SAMARINDA

  • Sholichin .
  • Annisa Ain
  • Margaretha Siulina

Abstract

Rumah  sakit  adalah  sistem  pelayanan  kesehatan  yang  didalamnya terdapat sistem  surveilens sebagai upaya pengendalian dan pencegahan infeksi karena rumah sakit merupakan salah satu sumber infeksi seperti kejadian flebitis. Tindakan dalam pengendalian dan pencegahan infeksi ini yaitu melakukan cuci tangan sesuai standar prosedur operasional dengan menggunakan metode handwash atau handscrub.  Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui hubungan kepatuhan mencuci tangan perawat dengan kejadian HAIs (Flebitis) di Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda. Jenis penelitian menggunakan desain deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 23 perawat IGD dan 23 pasien yang terpasang infus oleh perawat di IGD. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-Square. Sebanyak 56,5% perawat yang kurang patuh dalam melaksanakan cuci tangan sesuai prosedur, angka kejadian flebitis 44%. Sedangkan perawat patuh mencuci tangan 43,5%, tidak terjadi flebitis 56%. Hasil analisis menunjukan ada hubungan antara kepatuhan perawat mencuci tangan dengan kejadian HAIs (flebitis) (p=0,000), (p < 0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan kepatuhan perawat mencuci tangan dengan kejadian HAIs
(Flebitis). Diharapakan semua perawat dapat melakukan cuci tangan sesuai Standar Prosedur Operasional  (SPO) dengan baik dan benar sebelum dan sesudah melakukan tindakan sehingga angka kejadian HAIs (Flebitis) tidak terjadi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-04
How to Cite
., Sholichin; AIN, Annisa; SIULINA, Margaretha. HUBUNGAN KEPATUHAN PERAWAT MENCUCI TANGAN DENGAN KEJADIAN HAIs (FLEBITIS) DI RUMAH SAKIT DIRGAHAYU SAMARINDA. Jurnal Medika : Karya Ilmiah Kesehatan, [S.l.], v. 1, n. 1, dec. 2018. ISSN 2654-945X. Available at: <http://jurnal.stikeswhs.ac.id/index.php/medika/article/view/37>. Date accessed: 30 oct. 2020.
Section
Articles